Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Prospek Kerja Lulusan Bahasa Jepang

Lulusan Bahasa Jepang Kerja Dimana? Berbicara tentang pekerjaan banyak bidang yang bisa dibicarakan. Segala bidang ilmu yang dimiliki sebuah Universitas memiliki lahan pekerjaannya masing-masing. Seperti bidang ilmu bahasa misalnya, bidang ilmu yang ini memiliki banyak prospek pekerjaan yang cukup luas jika kita mau berusaha untuk terus berfikir berubah dan selalu menghasilkan sebuah inovasi baru.

Salah satu bidang ilmu Sastra adalah Sastra Jepang. Seperti yang kita keahui bahwa Jepang merupakan salah satu Negara maju didunia yang mempengaruhi banyak negara terutama dari segi teknologinya. Teknologi Jepang dikenal unggul oleh para produsen di seluruh dunia termasuk Indonesia. Selain itu hal kedua yang mampu membuat Jepang sangat berpengaruh adalah dunia animasinya. Para pecinta animasi pastilah sangat mnegakui bahwa dunia animaor Jepang memang tidak perlu diraukan lagi.


Sudah banyak animasi-animasi Jepang yang sangat terkenal di Indonesia maupun negara lainnya. Sama seperti animasinya yang beragam, prospek kerja yang diberikan juga beragam dan begitu banyak. Bebereapa Prospek kerja yang dapat digeluti oleh seorang lulusan Sastra Jepanga adalah:

1. Menjadi seorang pengajar.

Menjadi seorang pengajar merupakan profesi yang sangat banyak digeluti oleh para tamatan sastra. Menjadi seorang pengajar bisa dilakukan paruh waktu ataupun penuh. Ketika masih menjalani pendidikanpun seoarang mahasiswa sastra bisa melamar menjadi seorang pengajar. Mereka dapat menjadi pengajar di skeolah-sekolah neeri, tempat kursus bahasa, taupun mengajar privat. Bagi seoarang anak sastra menjadi seorang pengajar bukanlah hal yang membosankan, hal tersebut akan sangat menguntungkan mereka, kareana selain mendapakan uang dengan mengajarkan orang lain, mereka juga dapat mengulang ilmu mereka tiap hari sehingga menjadi terbiasa dan tidak mudah lupa.

2. Bekerja dalam pemerintahan.

Jika ada yang berfikir bahawa tamatan sastra tidak bisa menjadi Pegawai Negeri itu adalah salah besar. Formasi yang ditawarkan dalam kepemerintahan bagi anak-anak sastra dimulai dari menjadi Guru PNS di sekolah-sekolah Negeri, bekerja di Kementrian Luar Negeri, Badan Intelijen Negara, atau juga bisa bekerja di Keimigrasian dan beberapa bidang lainnya. Nah, tidak kah formasi dalam pemerintah tersebut menggiurkan kamu?

3. Penerjemah Tulis

Seorang ahli bahasa tidak heran jika akhirnya mampu menjadi penerjemah. Penerjemah tulisan biasanya bekerja layaknya seorang freelance, bekerja di rumah namun tetap mengahasilkan uang. Begitu banyak penerbitan di Indonesia yang dapat memberi peluang bagi kamu untuk menjadi salah – satu penerjemah lepas mereka. Selain penerjemah novel, kamu juga bisa menjadi penerjemah dokumen. Penerjemahan dokumen juga banyak dilakukan oleh para penerjemah freelance yang kemudian menjadi pekerjaan tetap mreka. Ahli dalam suatu bahasa asing dapat memberikan kamu banyak benefit, selain mengerti bahsa mereka, belajar bahasa asing dapat meningkatkan kerja otak menjadi tidak cepat pikun.

4. Penerjemah Lisan


Penerjemah Lisan adalah penerjemah yang bekerja langsung menerjemahkan kata-kata yang keluar dari mulut seseorang. Penerjemah seperti ini bisanya sering dipakai dalam pertemuan-pertmuan bisnis para konglomereat ataupun pejabat Negara. Menjadi seorang penerjemah lisan bisanya bisa melalu jalur agen, yaitu kita bekerja pada sebuah lembaga yang menyediakan tenaga penerjemah, atau bekerja sendiri tanpa melalui agen manapun. banyak dari para penerjemah freelance bekerja atas nama sendiri tanpa melalui perantara siapapun karena upah yang diterima jika bekerja atas nama sendiri lebih besar daripada bergabung melalu agen/ lembaga. Selain itu menjadi penerjemah lisan memiliki banyak pengalaman menarik karana dapat emngunjungi macam-macam derah, menjumpai banyak orang-orang penting, dan yang pastinya memiliki begitu banyak pengalaman yang tidak dapat dilupakan.

5. Subtitle

Begitu banyak film Jepang yang ditayangkan di Indonesia, ataupun ditayangkan pada website-website yang dapat di donlod secara gratis. Film-film Jepang tersebut tentulah membutuhkan subtitle bahasa Indonesia agar dapat mempermudah para penonton untuk mengerti jalan cerita dari film tersebut. Para pengguna internet pastilah sangat familiar dengan pekerjaan freelance ini, pekerjaan menjadi pembuat subtitle dapat didapatkan di banyak situs-situs internet, tawaran upah yang mereka tawarkan juga tidak terlalu buruk. Jika kamu ingin menggunakan ilmu bahasa Jepang yang sudah kamu miliki untuk menghasilkan uang sepertinya freelance yang satu ini juga cocok untuk kamu coba.

6. Bekerja Di Pertelevisian.

Bekerja di pertelevisian merupakan pekerjaan yang sangat keren dan benar-benar terlihat hebat. Namun pekerjaan dibalik layar tidaklah segampang yang ita lihat di layar televisi, tentulah apa yang sudah kita lihat di layar teleisi merupakan hasil editan para pekerja di balik layar yang sudah berkorban begitu banyak waktu, bahkan mereka tidak tidur smelaman demi meyediakan siaran yang berkualitas. Nah, seorang lulusan Satstra sangatlah dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Mereka dibutuhkan untuk mengumpulka informasi, atau juga menjadi penerjemah jika dibutuhkan. Jika kamu lulusan Sastra Jepang dan memiliki passion didunia broadcasting kamu bisa mencoba pekerjaan ini.


Berikut beberapa prospek kerja yang lulusan Sastra Jepang yang mungkin bisa kamu geluti salah satunya. Banyak orang-orang awam yang befikir menjadi seorang anak Sastra akan memiliki masa depan yag sura, karna seperti yang sering kita lihat bahwa di berita-berita lowongan pekerjaan jarang sekali menerima jurusan sastra. Namun, jangan terpaku pada lowongan pekerjaan yang ada di kolom koran atau berita internet saja, jangan terpaku untuk mencari kerja saja tapi buatlah pekerjaan itu sendiri. karna seorang anak Sastra memiliki kreatifitasan yang mampu membuka lapangan pekerjaan nantinya. Jangan terpaku pada mencari sebuah pekerjaan tapi ciptakanlah pekerjaan itu sendiri.
Advertisement