Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Huruf HIRAGANA lengkap; Cara Baca HIRAGANA dan Cara Penulisannya

DAFTAR HURUF HIRAGANA LENGKAP - Hiragana, merupakan salah satu huruf Jepang yang fungsinya seperi alphabet dalam bahasa Indonesia. Namun alphabet Jepang berbeda dengan alphabet yang kita gunakan. Hiragana merupakan penyederhanaan dari huruf Cina yaitu kanji untuk memudahkan bansa Jepang dalam membaca. Hiragana sendiri sering disebu huruf wanita karena bentuknya yang lentur dan tidak kaku.


Bentuk lentur ini digambarkan sebagai tingkah – laku wania yag seringnya bersifat lemah lembut dan gemulai. Pada awal perkebangannya hirgana tidak langsung diterima oleh masyarakat Jepang. Para cendikiawan dan bangsawan Jepang pada masa itu menolak menggunakan hiragana dan tetap memilih menggunakan huruf kanji. Hiragana pada saat itu sangat pouler dikalangan kaum wanita dikarenakan kaum wanita tidak diperbolehkan menggnakan huruf kanji. Oleh karen itu munculah karya sastra – karya sastra dari kaum wanita yang menggunakan huruf hiragana, salah satunya adalah Genji Monogatari. Kemudian pada abad ke – 10 masehi hiragana mulai berkembang secara luas dan digunakan oleh semua kalangan.
Berikut kumpulan huruf  Hiragana:
A
I
U
E
O
KA
KI
KU
KE
KO
SA
SHI
SU
SE
SO
TA
CHI
TSU
TE
TO
NA
NI
NU
NE
NO
HA
HI
HU
HE
HO
MA
MI
MU
ME
MO
YA
YU
YO
RA
RI
RU
RE
RO
WA
WO
N (atau diabaca seperti huruf  “NG” di dalam bahasa Indonesia)
GA
GI
KU
GE
GO
ZA
ZI
ZU
ZE
ZO
DA
DI
DU
DE
DO
BA
BI
BU
BE
BO
PA
PI
PU
PE
PO
きゃ KYA
きゅ KYU
きょ KYO
しゃ SYA
しゅ SYU
しょ SYO
ちゃ CYA
ちゅ CYU
ちょ CYO
にゃ NYA
にゅ NYU
にょ NYO
ひゃ HYA
ひゅ HYU
ひょ HYO
みゃ MYA
みゅ MYU
みょ MYO
りゃ RYA
りゅ RYU
りょ RYO
ぎゃ GYA
ぎゅ GYU
ぎょ GYO
じゃ JYA
じゅ JYU
じょ JYO
びゃ BYA
びゅ BYU
びょ BYO
ぴゃ PYA
ぴゅ PYU
ぴょ PYO

Untuk penggunaannya Hiragana sering digunakan pada kata – kata bahasa Jepang asli, atau sebagai cara membaca Kanji. Dalam sebuah kanji kamu akan menemukan tulisan hiragana yang berukuran kecil di atas kanji tersebut untuk mempermudah dalam membaca kanji, contoh: . Pada kanji disamping dapat dilihat tulisan hurug hiragana dalam ukuran kecil yang berada tepat dibagian atas huruf kanji, tujuannya untu mempermudah pembaca dalam mengenali kanji tersebut. Tulisan hiragana ini sering disebut sebagai Furigana.

Kegunaan selanjutnya, hiragana digunakan sebagai pembentuk imbuhan dalam sebuah kaliamat atau sering disebut dengan Okurigana . Okurigana merupakan huruf hiragana yang ditulis mengikuti huruf kanji untuk menjelaskan arti dari kanji tersebut. Contohnya: 勉強する. Kata Suru  diujung huruf kanji tersebut merupakan huruf okurigana.

Kegunaan yang terakhir adalah sebagai penulisan partikel dan honorific. Partikel dalam bahasa Jepang akan ditulis menggunakan huruf hiragana, macam – macam parikel tersebut misalnya: は、を、が、で、に、も、へ、の . Contohnya: 私学生です(watashi wa gakusei desu). Pada contoh tersebut huruf Ha digunakan sebagai partikel dan akan berubah bacaannya menajdi Wa. 学校行きます(gakkou e ikimasu.) pada contoh di samping dapat kita lihat partikel yang di gunakan adalah huruf  He yag kemudian berubah bunyi menjadi E  . Partikel lainnya yang berubah bunyi adalah (Wo). Contohnya: ご飯食べます(gohan o tabemasu) pada contoh kalimat tersebu Wo akan berubah bunyi menjadi O.

Hiragana digunakan juga sebagai honorific atau penyebutan perorangan, contohnya seperti San, Kun, Chan, dan Tan ditulis dalam huruf hiragana. Contohnya: Tanaka- San, honorifis yang digunakan adalah San, digunakan ketika menyebut nama seseorang.

Nah, sekarang kamu sudah memiliki list lengkap huruf hiragana. Kamu sudah bisa memulai pelajaran dasar pengenalan huruf. Tulislah huruf hiragana berikut di dalam satu kertas yang dapat kamu bawa kemana saja agar dapat dihafal sesering mungkin. Jika kamu giat maka tidak akan memakan waktu yang lama untuk dapat menghafal semua huruf hiragan di atas. Selamat mencoba. Harus di coba!
Advertisement