Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kata-Kata Bijak dalam Bahasa Jepang dan Artinya

Kata-Kata Bijak dalam Bahasa Jepang - Kata bijak biasanya berisi kata-kata membangun yang dapat membakar semangat kita. Kata bijak biasanya juga berisi tentang ajakan dan nasehat untuk kita dalam mengejar segala apa yang kita miliki dalam kehidupan kita. 

Dalam bahasa Jepang kata-kata bijak sering berhubungan dengan alam atau dari perumpamaan, misalkan dari bunga dan air. Karena bahasanya yang kaya akan berbagai ekspresi dan tingkat kesopanan, membuat kata bijak Jepang terdengar lebih menarik dan penuh makna. 

Kata bijak juga sering mereka gunakan dalam dikehidupan sehari-hari, dalam menasehati anak misalnya.



Jika kalian penggemar Animasi Jepang kata – kata bijak juga dapat kalian temukan dalam skenario – skenario Animasi mereka. Seperti salah satunya dalam animasi Uchuu Kyoudai ; Honki no shippai ni wa, kachi ga aru,  yang mana berarti serious failures have worth. Berikut beberapa kata bijak dalam bahasa Jepang yang bisa menjadi motivasi kalian.

1. にらずんばをず.Koketsu bi irazunba koji wo ezu
If you do not enter the tiger’s cave, you will not catsh its./ jika kau tidak masuk kedalam gua hariamau, kau tidak akan pernah dapat menangkapnya.
Maknanya: Segala hal itu selalu ada resikonya. Setiap hal yang kita inginkan selalu ada resiko yang harus kita tanggung. Jika kita mundur karena takut akan resiko yang mungkin saja akan kita hadapi didepan maka kita tidak akan menjadi seorang yang mampu menyentuh cita – citanya bahkan sekali saja.

2. Kachou fuugetsu
Flower, Bird, wind, moon./  bunga, burung, angin, bulan.
Maknanya:  sesuatu yang alami dapat  meberikan pembelajaran pada diri kita sendiri. Dengan lebih mendekatkan diri pada alam akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih peka terhadap kehidupan, terhadap makhluk hidup sekitar.

3. もからちるSaru mo ki kara ochiru
Even monkey fall from the tree/ bahka monyet dapat terjatuh dari pohon.
Maksudnya: Tidak ada orang yang sempurna, setiap orang dapat melakukan kesalahan. Pelajaran yang dapat kita ambil dari kata bijak ini adalah bahwa sepintar apapun kita tidaklah kita yang maha sempurna, maka jadilah pribadi yang rendah hati dan tidak sombong, karena di atas langitt masih ada langit.

4. のは.Kaeru no ko wa kaeru
Child of  a frog is a frog/ anak dari se ekor kodok juga akan menyerupai kodok.
Maknanya: sama seperti kata bijak dalam bahasa Indoneisa yang berbunyi buah tidak jatuh dari pohonnya. Seperti apa perawakan seorang anak akan mencerminkan seperti apa orang tuanya. Maka dari itu jadilah orang tua yang dapat memberi contoh yang baik anaknya sebagai pwaris masa depan.

5. りにはがあるNokorimono ni wa fuku ga aru.
Luck exist in the leftovers/ keberuntttungan berada pada detik – detik terakir.
Maknanya: keberuntungan selalu ada pada detik – detik terakhir. Setiap masalah selalu akan ada jalan keluarnya, maka dari itu jangpernah mengeluh dan menyerah pada settiap ujian yang dihadapi. Berdoa dan terus berusaha karena Tuhan tidak pernah tidur.

6. みけてさえいれば、くともない.Susumitsudukete  saereba, osoku tomo kankei nai.
It doesn’t matter how slowly you go as long as you don’t stop/ tidak peduli seberapa pelan kau berjalan, selama kau tidak pernah berhenti.
Maknanya: Tidak masalah jika perjalanan kita menuju cita – cita sangatlah lamban, asalkan kita tidak pernah berhenti dan menyerah. pelan – pelan asalkan kita konsisten untuk mencapainya.

7. こののにむに、あなたがってみせなさい.Kono sekai no uchi ni nozomu henka ni, anata jishin ga natte nisenai.
Be change you want o see in the world/ jadilah suatu perubahan yang kau inginkan terjadi didunia ini.
Maknanya: suatu perubahan selalu dimulai dari diri kita sendiri. Jika kita ingin melihat suatu perubahan dalam kehidupan kita, maka ada baiknya jika kita menjadi pelopor dari sebuah perubahan tersebut.

8. きっとしてみせる、とするがよりもだ。Kitto seikou shite miseru to kesshin suru kotoga noni yori mo juuyouda.
Always bear in mind that your own resolution to succed is more important than any other/ selalu cam kan dalam ingatanmu bahwa resolusimu unttuk sukses melebihi dari hal lainnya.
Maknanya: tanamkan pada diri kita bahwa tujuan yang kita miliki adalah untuk sukses. Sukses di dunia dan akhirat. Maka dari itu jangan pernah sia – siakan waktu dan kehidupan.

9. をえるのにかったは20だった。にいはだ。Ki wo ueru ni ishi- ban yokatta juki wa ni- juu nen mae data. Niban me ni ii juki wa ima de.
The best time to plant a tree was 20 years ago. The second best time is now/ waktu yang terbaik untuk menanam pohon adalah dua puluh tahun yang lalu. kedua kalinya adalah saat ini.
Maknanya: gunakanlah waktu dengan sebaiknya, maka kita akan memetik hasil yang baik nantinya.

10. のがいきじられるは、すべてである。Hito no kokoro ga omoiegaki shinji rareru koto wa, subete jitusga kanou de aru.
Whatever the mind of man can conceive and believe, it can achive / pikiran apapun yang mampu dipahami dan dipercayai oleh seseorang, dia akan bisa menggapainya.
Maknanya: Segala cita – cita akan dapat kita raih ketika kita memahami dan mempercayainya.

Tidak sulit untuk mempelajari bahasa Jepang sebenarnya. Dari komik dan anime pun kita dapat mengambil sebuah pelajaran. Tidak semua tontonan hanya menjadi sekedar hiburan jika kita pintar memanfaatkannya. Mulai sekarang cobalah gunakan komik dan anime yang kalian miliki sebagai sarana pembelajaran bahasa Jepang. Temukan kata-kata bijak dan ekspresi lainnya di sana, tulis dalam buku catatan sebagai penyemangat kalian dalam belajar dan beraktivitas sehari – hari. Selamat mencoba.
Advertisement