Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kata Kata Kecewa dalam Bahasa Jepang Beserta Artinya

KATA – KATA KECEWA - Kecewa merupakan sebuah bentuk ekspresi ketika sesuatu tidak berjalan seperti yang kita bayangkan atau inginkan. Bentuk kecewa banyak jenisnya, dalam percakapan sehari – hari ekpresi kecewa banyak terjadi dalam beragam keadaan, misalnya; ketika mengajak seorang teman nonton tiba – tiba saja teman tersebut tidak bisa memenuhi ajakan tersebut maka akan terbersit perasaan kecewa dalam keadaan seperi ini.

Lainnya, misal kita ketinggalan sebuah barang dibus atau kereta api, maka perasaan kecewa juga akan terjadi dalam keadaan tersebut. Kecewa mengapa kita tidak bisa menjaga barang kita sendiri, penyesalan dan kecewa terhadap diri sendiri.


Dalam bahasa Jepang dalam menyampaikan ekspresi kekecewaan terdapat empat jenis. masing – masing bergantung pada nuansanya. Untuk lebih jelasnya, Mari kita lihat penjelasan dibawah ini:

1. Zannen


Merupakan rasa kekecewaan yang muncul dalam suatu keadaan misalnya; kamu mengajak seorang teman untuk kumpul bersama, atau nonton film di bioskop dan menggantungkan harapan pada seseorang tersebut semoaga dia bisa memenuhi ajakanmu. Tiba –tiba dia tidak bisa ikut. Nah, Zannen bisa digunakan sebagai ekspresi dari kekecewaan terhadap ekpektasimu yang tidak tercapai. Tapi dalam ekspresi kecewa ini kamu tidak merasa kecewa mendalam.

A: コンサートの チケットを もらいました。いっしょうに 行きませんか。
konsa-to no chiketto wo moraimashita. Issyouni ikimasenka.
saya beli tiket konser nih, mau nonton bereng gak?

B: : いつですか。
Itsudesuka.
kapan?

A: 来襲の 土曜日です。
raisyu no doyoubidesu.
Hari sabtu minggu depan.

B: すみません。来襲の 土曜日は 仕事がありますから。
sumimasen. Raisyu no doyoubi ha shigoto arimasukara.
yah, saya gak bisa. Hari sabtu minggu depan ada kerjaan.

A: そうですか。ざんねんですね。
soou desuka. Zannen desune.
oh, gitu ya? sayang banget.


2. Taihen


Merupakan kekecewaan yang datang dari sebuah keadaan diluar dugaan kita. Lebih menunjukkan rasa kecewa yang besar. Misalnya kamu pergi berlibur, liburan seharusnya panjang dimana kamu bersenang – senang, tetapi karna ada sbeuha keadaan yang menyusahkan maka liburan panjangmu menjadi tidak menyenangkan, tidak memberi kenangan indah, dan melelahkan, maka tumbuhlah rasa kecewa mendalam. Rasa kecewa tersebut di ekspresikan dengan ungkapan Taihen.

ああ、しまった。パスポート なくしちゃった、たいへん。。。
Aa, shimatta. Pasupooto ga nakushichatta, taihen....
Aa, sial. Aku kehilangan passport. Ahh, sialnya...

Seperti penjelasan diatas ekspresi kecewa ini muncul untuk menunjukkan rasa kecewa kita kerhadap sesuatu yanng diluar dugaan. Seperti contoh diatas, kehilangan passport adalah sesuatu yang diluar ekspektasi.


3. Komatta


Merupakan suatu rasa kekecewaan yang disebabkan oleh sesuatu yang lain. Yang mana karna sesuatu tersebut rencanamu menjadi terhambat atau tidak berjalan lancar sesuai rencana. Jika didalam bahasa Indonesia dapat diartikan juga seperti ekspresi “Menyusahkan”.

A: ガス会社に 連絡したから、すぐ 来てくれますよ。
gasu kaisha ni renrakushitakara, sugu kitekuremasuyo.
Kalau anda menghubungi kantor bagian Gas, orang yang memperbaiki akan segera datang.

B: :。。。。。こまったなあ。が ないんです。すみませんが、連絡して いただけませんか。
........ komattana. denwaga naindesu. Sumimasenga, renrakushite itadakemasenha?
Yah, aku belum punya telfon nih. Maaf, boleh gak kamu yang bantu hubungi?

Dalam percakapan ini terlihat pada bagian teks B ekpresi kekecewaan karena disebabkan oleh sesuatu yaitu telffon. Jadi, B belum memiliki telfon dimana saat itu dia harus menelfon tukang Gas. Keadaan ini adalah keadaan dimana kekecewaan si B terhadap ekpektasinya yang gagal (menelfon tukang gas) disebabkan karena dia tidak memiliki telfon.


4. Gakkari


Merupakan “Kata” dari kekecewaan itu sendiri dalam bahasa Jepang. Jadi Gakkari secara harfiah merupakan Kata bukan sebuah ekpresi.

昨日のパーチーはどう?
Kino no pa-ti ha dou?
Bagaiamana pesta kemarin?

雨で中止だ
Ame de chusi da.
Dibatalkan karena hujan

へえ?がっかりで。
Hee? Gakkari da ne.
Hah? Kecewanya...

ええ、そのパーチー待ってるのに。
Ee, sono paatii no matteru noni
Iya nih, padahal udah ditunggu dinanti banget pestanya.

Pada contoh percakapan diatas ekspresi yang ditunjukkan hanya dari “Kata” kecewa yang secara harfiah bukan ekspresi.


Jadi bisa disimpulkan bahwa Zannen merupakan rasa kecewa (ungkapan), Taihen merupakan rasa kecewa (ungkapan), Komatta merupakan suatu hal yang membuat kita menjadi menyesal (ungkapan), dan Gakkari merupakan kata dari kecewa dalam bahasa Jepang.

Mulai sekarang kamu sudah bisa menggambarka rasa kecewamu dengan menyesuaikan nuansa dari masing – masing ekpresi diatas. Sesuaikan seperti apa dna seberapa kecewa perasaanmu terhadap sesuatu yang sudah terjadi. Selamat mencoba.
Advertisement