Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kata-Kata Motivasi dalam Bahasa Jepang dan Artinya

Kata-Kata Motivasi dalam Bahasa Jepang - Motivasi adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan  untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam bahasa Jepang Motivasi disebut juga dengan  動機 (Douki).

Sebagai salah satu bangsa yang maju, Jepang juga dikenal sebagai negara yang tetap memperahankan nilai-nilai budaya yang diwarisi oleh leluhur mereka, dengan kata lain mereka tetap mepertahankan kebudayaan mereka bersamaan dengan mengikuti perkembangan zaman.


Mengingat hal tersebut tidak ada salahnya kita mengikuti beberpa motivasi bangsa jepang yang dapat memberi perubahan yag signifikan dalam kehidupan kita kelak.

Salah satu hal yang bisa kita jadikan motivasi adalah kerja keras; sifat kerja keras orang Jepang dapat kita jadikan sebagai motivasi dalam bekerja atau dalam menggapai cita-cita. Misalnya seperti kerja keras Ken Kutaragi yang pantang menyerah sehingga dia dapat menciptakan playstation yang masih berkembang dan masih diminati banyak orang sampai saat ini.

Berikut beberapa kata motivasi yang dapat membantu membangkitkan kembali semangat anda saat ini.

1. きみはこれからも何度もつまずくでもそのたびに立ち直る強さももっているんだよkimi wa kore kara mo nando mo tsumazuku demo zono tabi ni tachinaoru tsuyosa mo matte irun da yo.
You’ll stumble many times in the future, but when you do, each time you’ll have more strength to bounce back / kau akan mengalami banyak rintangan di masa depan, tetapi ketika kau melakukannnya , setiap waktu akan memberikanmu kekuatan untuk melompat kembali.
Maknanya: Setiap masalah yang kita hadapi akan memberikan kita kekuatan yang lebih untuk bangkit kembali.

2. あきらめたら そこで試合終了ですよAkirametara soko de shiai shuuryou desu yo
If you give up, that’s the end of the game/ ketika kau menyerah maka permainan selesai.
Maknanya: selelah apapun yang anda rasakan jangan pernah menyerah untuk melanjutkan perjalan mengejar mimpi. Menyerah hanya menghancurkan semua jalan yang sudah anda lalui selama ini.

3. 負けたら終わりじゃなくて。やめたら終わりなんだようね。Maketara oawari jyanakute. Yametara owari nandayoune.
If you lose , is not over. If you stop, then i will be over/ kalah bukan akhir dari semuanya, jika kau berhenti maka itulah akhir yang sebenarnya.
Maknanya: Kalah adalah babak selanjutnya untuk merebut kemenangan, berhenti maka anda sudah membuat semuanya berakhir. Maka jangan pernah berhenti ketika anda kalah.

4. 昨日から学び、を生き、明日期待しょう。Kinou kara manabi, kyou wo namaki, ashita kitaishou.
Learn from yesterday, life for today, and hope for tomorrow/ belajar dari hari kemarin, hidup untuk hari ini, dan berharaplah untuk hari esok.
Maknanya: dalam kata motivasi di atas kita diajari untuk menghargai kehidupan. setiap hari yang kita lalui berisi sebuah pembelajaran, jika kita dapat berlaku dengan bijak maka kita dapat menjadikannya pelajaran. Jalani hari ini dengan sepenuh hati, dan berharaplah untuk hari esok agar bisa lebih baik.

5. 失敗を繰り返すことで、成功に至る。Shippai wo kurikaesu kotode, seiko ni itaru
Repeated Failures lead to succes/ kegagalan yang terjadi terus – menerus akan membawa kita pada kesuksesan.
Maknanya: Jangan pernah takut akan kegagalan, ingat lah gagal bukan berarti kalah. Tuhan tidak pernah tidur, maka berusahalah sampai titik darah penghabisan.

6. すばらし仕事をするには、自分のやっていることを好きにならなくてはいけない。Subarashi shigoto wo suru ni ha, jibun no yatteirukoto wo suki ni narakunakute ha ikenai.
The only way to great the work is to love what you do/ satu – satunya cara untuk sukses dalam suatu pekerjaan adalah dengan mencintai pekerjaan itu sendiri.
Maknanya: rahasi dari hidup bahagia adalah dengan mencintai segala sesuatu yang kita kerjakan. Cobalah pandang suatu pekerjaan dengan cara yang baik, bukan hanya sekedar tekanan yang harus anda lalui setiap hari agar mendapat kan upah untuk bertahan hidup. Tapi coba lihat itu sebagai sesuatu yang anda senangi, apapun pekerjaan anda selama anda melakukannya dengan hati maka anda akan mendapatkan kebahagian dan kesuksesan.

7.最初から誰も天に立ってなどない。 Saisho kara daremo  ten ni tatte  nado nai.
No one stands on top right from the start/  tidak ada seseorang yang dapat lansgung mencapai kesuksesan dalam sekejap.
Maknanya: Tidak ada hal yang instan. Segala hal memiliki prosesnya masing – masing. maka ketika anda memiliki sebuah mimpi, jangan pernah jenuh pada proses yang anda lalui, karna kesuksesaan menunggu didepan sana.

8. ミスを犯したことがない人は新しいことを試したことがない。Misu o okashita koto ga nai hito wa atarashii koto o tameshita koto ga nai.
A person never made a mistake never tried anything new/ seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahn tidak pernah mencoba apapun.
Maknanya: Anda tidak akan mempelajari apapun dalam hidup ini ketik anda takut untuk berbuat kesalah, yang dimaksudkna kesalahan di sini adalah kesalahan positif. Melalui kesalahan kita dapat belajar banyak tentang kehidupan, seseorang yang belajar dari kesalahan dan kegagalan adalah orang yang semakin mendekati kesuksesannya.

9. 成功の80%が最大表示されます。Seikou no 80- paasento ga saidai hyoujisaremasu.
Eighty percent of success is showing up/ 80 persen dari kesuksesan adalah ketika kau menunjukannya dalam tindakan.
Maknanya: Kesuksesaan itu terlihat dari bagaimana usaha yang kita lakukan. Misalkan anda ingin melanjutkan sekolah ke Jepang, maka usaha anda dalam mewujudkan mimpi tersebut seperti belajar bahasa Jepang dengan keras setiap hari, mencari tahu beasiswa yang di berikan oleh pemerintah Jepang. Dengan menunjukkan hal – hal tersebut maka anda sudah berada pada titik kesuksesan. Kesuksesan tidak dapat di ukur dengan angka, setiap hal memiliki titik kesuksesaanya masing – masing.

10. 単語を願いは家を建ててはいけない。Tango no negai  wa ie o tatete  wa ikenai.
The word Wish never built a home/ kata “Harapan” tidak akan pernah membangun sebuah rumah.
Maknanya: jika kita hanya berharap tanpa melakukan tindakan dan usaha apapun hal itu tidak akan memberikan hasil apapun juga.


Seperti kisah seorang pemuda yang bernama Soichiro Honda yang dikenal sebagai penemu mesin Honda, yang berhasil menciptakan alat tranportasi yang sampai saat ini kita pakai dan memudahkan aktifitas kehidupan kita. Siapa sangka bahwa dibalik kesuksesannya Honda hanyalah seorang anak dari tukang besi yang sering mereparasi barang – barag pertanian. Keluarganya hanyalah keluarga sederhana. Perjalanan karirnya pun dimulai dari usia 15 tahun bekerja di Tokyo sebagai cleaning service. Honda juga bukan anak yang yang pintar saat duduk dibangku sekolah.

Namun apa yang mengantarnya pada sebuah kesuksesan? Yang mengantarnya adalah tekat, kerja keras, dan tidak pernah berhenti untuk terus mengejar mimpinya sendiri. Honda begitu mencintai mesin, oleh karena itu dia terus belajar untuk dapat menciptakan sesuau dari hal yang di cintainya. Bagi Honda IQ tidak memengang kendali seutuhnya dalam menentukan sebuah kesuksesaan, namun kerja keras dan pantang menyerah. Motivasikan lah diri anda seperti Honda memoivasi dirinya sendiri sehingga menjadi sosok yang dikenal sampai saat ini.
Advertisement