Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Huruf Katakana Lengkap; Serta Cara Baca, Cara Tulis dan Penggunaannya

Daftar Huruf Katakana Lengkap - Katakana merupakan salah satu dari tiga huruf bahasa Jepang yang digunakan dalam penulisan bahasanya. Tidak sama dengan Hiragana, kata kana lebih terkesan tegas dan kaku, oleh sebab itu Katakan dijuluki sebagai huruf laki – laki. Katakan sering digunakan dalam kata – kata penyerapan atau kata onomatope.


Hal lain yang membedakan katakana dan hiragana adalah katakana tidak dapat disandingkan bersama dengan kanji seperti yang sering terjadi pada hiragana. Ciri kata kana dapat dikenal sebagai huruf yang ringkas, guratan lurus, dan juga bersudut. Berikut ini kumpulan katakana lengkap:
ア(A) イ(I) ウ(U)エ(E)オ(O)
カ(KA) キ(KI) ク(KU)ケ(KE)コ(KO)
サ(SA)シ(SHI)ツ(SU)セ(SE)ソ(SO)
タ(TA)チ(CHI)ツ(TSU)テ(TE)ト(TO)
ナ(NA)ニ(NI)ヌ(NU)ネ(NE)ノ(NO)
ハ(HA)ヒ(HI)フ(HU)ヘ(HE)ホ(HO)
マ(MA)ミ(MI)ム(MU)メ(ME)モ(MO)
ヤ(YA)イ(YU)ユ(YO)
ラ(RA)リ(RI)ル(RU)レ(RE)ロ(RO)
ワ(WA)ヲ(WO)ン(N/NG)

ガ(GA)ギ(GI)グ(GU)ゲ(GE)コ(GO)
ザ(ZA)ジ(ZI)ズ(ZU)ゼ(ZE)ゾ(ZO)
ダ(DA)ヂ(DI)ヅ(DU)デ(DE)ド(DO)
バ(BA)ビ(BI)ブ(BU)ベ(BE)ボ(BO)
パ(PA)ピ(PI)プ(PU)ペ(PE)ポ(PO)

キャ(KYA)キュ(KYU)キョ(KYO)
シャ(SYA)シュ(SYU)ショ(SYO)
チャ(CYA)チュ(CYU)チョ(CYO)
ニャ(NYA)ニュ(NYU)ニョ(NYO)
ヒャ(HYA)ヒュ(HYU)ヒョ(HYO)
ミャ(MYA)ミュ(MYU)ミョ(MYO)
リャ(RYA)リュ(RYU)リョ(RYO)

ギャ(GYA)ギュ(GYU)ギョ(GYO)
ビャ(BYA)ビュ(BYU)ビョ(BYO)
ジャ(JYA)シュ(JYU)ショ(JYO)
ピャ(PYA)ピュ(PYU)ピョ(PYO)

Untuk penggunaanya Katakana memiliki empat kegunaan, diantaranyanya adalah:
  1. Digunakan dalam kata serapan
Kata serapan adala sebuah kata yang di adopsi dari bahasa asing. Baik dari bahasa inggris atau bahasa lainnya. Dalam bahasa Jepang kata serapan sendiri sering bersal dari bahasa Inggris, misalnya; kata Door yang berarti pintu yang kemudian di serap kedalam bahsa Jepang  menjadi ドア(doa). Contoh kata lainnya yang akan mengalami penyerapan dalam bahasa Jepang adalah:
インドネシア (Indonesia)
テレビ (Televisi)
マイク。ミラ (Maiku Mira dengan kata asli Mike Miller yang merupakan nama orang)
Sebagai orang asing selain orang Jepang nama yang kita miliki akan mengalami penyerapan jika ditulis kedalam bahasa Jepang. Termasuk nama orang Indonesia, seperti contohnya Putri akan menjadi プトリ(Putori), atau Narto menjadi ナルト(Naruto).

  1. Digunakan untuk menegaskan sesuatu.
Katakana juga sering digunakan sebagai kata penegasan. Kegunaan yang satu ini sering digunakan dalam Manga atau karya sastra modern Jepang bergambar. Jika kamu sebagai seorang yang suka membaca komik, cobalah baca komik Jepang versi aslinya, kamu akan banyak menemukan kata – kata penegasan yang ditulis Bold dan menggunakan katakana. Misalnya; kata Maji de (マジで)yang berarti “Serius kah? Serius, nih?” pada kata maji ditulis dengan katakana sedangkan huruf terakhir De tetap ditulis dengan hiragana.

  1. Untuk menulis istilah sains dan Teknikal.
Istilah sains dan teknikal seperti nama hewan, mineral, spesies, dan tumbuhan akan ditulis menggunakan kata kana. Contohnya:
ホモ。サピエンス( Homo.sapiensu) yang merupakan jenis dari spesies.
ベゴニア(Begonia)yang merupakan jenih dari tumbuhan

  1. Digunakan pada kata Onomatope
Onamatope adalah pengandaian atau refleksi suatu bunyi kedalam bahasa. Contohnya seperti pengandaai suara Bel yang di refleksikan kedalam bahasa akan menjadi “Ding dong”. Dalam bahasa Jepang Onomatope merupakan cabang dari ilmu morfologi. Beberapa contoh Onomatope dalam bahasa Jepang adalah:
ワンワン (Wang wang) merupakan pengandaian dalam merefleksikan suara anjing ke dalam bahsa jepang.
ハハハ (hahahaha) merupakan pengandaian dalam merefleksikan suara tertawa.
パクパク(Paku – Paku) merupakan pengandaian yang dipakai ketika mengibaratkan atau merefleksikan suara mulut yang tertutup dan terbuka ketika mengunyah makanan.

Akhirnya kamu sudah sampai pada jenis huruf jepang selanjutnya. Materi pembelajaranmu pun sudah bertambah. Sama halnya seperti hiragana, kamu bisa melatih katakanamu dengan menulis di satu kertas yang dapat kamu bawa kemana saja, jadi kamu bisa menghafalnya kapanpun dan dimanapun. Atau dengan cara kreaif lainnya seperti membuat kartu– kartu kecil dari kertas karton yang bervariasi warna dan bentuknya agar kamu lebih semangat dalam menghafal. Selamat mencoba.
Advertisement