Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang dan Artinya

Ucapan Selamat Ulang Tahun - Sebelum pengaruh barat masuk dan menyebar di Jepang, kebudayaan merayakan ulang tahun tidak lah begitu dimintai. Mereka tidak merayakan ulang tahun seseorang tepat di hari kelahiran mereka, mereka akan merayakan ulang tahun pda saat tahun baru atau pergantian tahun. Karena dalam pemikiran orang Jepang setia orang telah bertambah usianya ketika memasuki tahun baru. Jadi karena itu mereka tidak memiliki aturan khusus dalam perayaan ulan tahun.

Namun seiring berkembangnya zaman, dan banyak budaya barat yang masuk dan mempengaruhi pola pikir masyarakat Jepang, maka sekarang mereka mengenal akan perayaan ulang tahun. Namun perayaan ulang tahun hanya sering dilakukan bagi anak – anak usia dini. Dimana orang tua aka mengatur pesta kecil – kecil bersama keluarga, sebuah kue serta lilin, dan nyanyian ulang tahun.

Berbeda dengan orang dewasa, mereka akan merasa kurang nyaman akan sebuah perayaan ulang tahun. Tidak seperti kebanyakan orang Indonesia yang masih sering merayakan ulang tahunnya bahkan ketika suda memasuki usia dewasa. Terlebih ketika anda sudah tergolong dewasa dan tiba – tiba saja anda mengundang orang Jepang ke pesta ulang tahun anda maka hal itu akan sedikit terasa aneh dan kurang nyaman bagi mereka.



Walaupun begitu, tidak ada salahnya kita mengucapkan selamat ulang tahun untuk teman – teman orang Jepang yang mengulang hari kelahiran mereka di tahun ini. Sekedar memberi ucapan lewat pesan singkat tidak ada yang salah kan?

1. 誕生日おめでとう!
Otanjoubi omedetou.
Happy birthday/ Selamat ulang tahun.

2. あなたの誕生日が幸せな日になりますように
Anata ni tanjoubihi ga shiawasena hi narimasuyouni.
Hope your bithday will become a happy day/ semoga di hari ulang tahunmu menjadi hari yang bahagia.

3. たくさんの幸せが訪れますように。誕生日おめでとう
Takusan no shiawase ga goremasuyouni. Tanjoubi omedetou.
I wish you will get a lot of happiness. Happy birthday.

4. あなたの誕生日が素敵な日になりますように
Anata no tanjoubi ni ga sutekina hi ni narimasuyouni.
Hope it will be a nice day for your birthday.

5. 楽しい誕生日を過ごしてね。
Tanoshi tanjoubi wo sugoshite ne
Hope you will spend delightful birthday.

6. 25歳の誕生日、心からおめでとう!
Nijuu go sai no tanjoubi . kokoro kara omedetou.
Happy 25 years old birthday. Sincere congratulation/ selamat ulang tahun yang ke – 25, ini ucapanku yang tulus dari hati.

7. これからもずっとな(put name of birthday person) でいてさい
Kore kara mo utto sutekina (name) de itekudasai.
Hope you can be always become a wonderful (name of birthday person) as always / semoga kamu akan terus menjadi (nama orang yang ulang tahun ) yang menyenangkan seperti biasanya.

8. いつも友達でいてくれてありがとう。お誕生日おめでとう。
Istumo tomodashi deitekurete arigatou. Otanjoubi omedetou.
Thanks for always being friend with me. Happy birthday to you/ terimkasih untuk selalu menjadi temanku, selamat ualng tahun.

9. 今年も( name of birthday person) にとってらしいでありますに
Kotoshi mo (name) ni totte subarashii toshi de arimasuyouni.
Hope this year will be the great year to ( name of birthday person) too/ semoga tahun ini juga akan menjadi tahun yang luar biasa untuk (nama orang yang berulang tahun).

10. おたのめ
Otanome.
Happy birtday (digunakan dalam bahsa slang sesama teman)/ selamat ulang tahun.


KOSA KATA :

今年 (this year)
らしい ( Great, wonderful, excellent, amazing, fine, awesome)
(year)
な ( lovely)
25歳 ( 25 years old)
心 (heart)
楽しい (pleasent , enjoyable, happy, cheerful)
過ごしてね (spend)
幸せ(happiness)
.誕生日 (birthday)

Nah, jika anda punya teman orang Jepang, maka tidak ada salahnya untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada hari peringatan kelahiran mereka. Sosial media sekarang sudah di lengkapi dengan kalender otomatis, maka Jika teman Jepang anda berulang tahun pemberitahuan akan segea masuk pada notifikasi anda. Anda bisa mencoba mengucapkan selamat ulang tahun dengan menggunakan bahasa Jepang untuk mereka. buat mereka terkesan pada anda, karna orang Jepang tertarik pada orang asing yang mempelajari bahasa mereka.

Tunggu apalagi, ayo coba dari sekarang. Ini akan menjadi pengalaman belajar bahasa Jepang yang menyenangkan untuk anda karena bisa saja anda berinteraksi langsung dengan native speaker bahasa Jepang. Belajar bahasa bersama native speaker asli merupakan hal yang paling di dambakan oleh setiap pembelajar bahasa.
Advertisement