Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kata - Kata Mutiara dalam Bahasa Jepang dan Artinya

Kata Kata Mutiara Bahasa Jepang - Kata mutiara merupaka sebuah karya sastra dari sebuah kebudayaan. Kata-kata mutiara bisa berisi peribahasa, kata bijak, atau pun berisi motivasi. Kata – kata mutiara biasanya beraasal atau lahir dari peradaban masyarakat, terlahir dari pengalaman hidup mereka yang kemudian dapat dijadikan pelajaran bagi yang lainnya sehingga di terbentuk dalam sebuah kalimat atau karya sastra yang berbunyi kata mutiara atau kata bijak.

Setiap negara pastilah menghasilkan sebuah peradaban manusia, setiap peradaban pasti memiliki kebudayaan, dan setiap kebudayaan maka dapat menghasilkan kata-kata mutiara yang berbeda pula namun dapat memiliki arti dan maksud yang sama dengan kebudayan dari negara – negara lain.


Kata – kata mutiara biasanya berasal dari perkataan nenek moyang atau orang-orang terdahulu yang dipercayai dapat menjadi wasiat yang beguna dalam kehidupan, dan diwariskan terus-menerus pada setiap generasi yang lahir. Berikut beberpa kata-kata mutira Jepang yang dapat kita jadikan pelajaran dalam kehidupan.

1. 良薬口に苦し
Ryooyaku Kuchi ni Nigashi.
Good medicine is bitter to the mouth/ obat yang manjur akan terasa pait di mulut.


Maksudnya: Nasihat yang paling di butuhkan adalah nasihat yang paling sedikit kita indahkan dalam kehidupan nyata, yang paling sering kita abaikan.

2. 角を矯めて牛を殺す
Tsuno o tamete ushi o korosu.
The remedy is often worse than the disease/ penyembuhan sering sekali lebih buruk dari penyakitnya.

Maksudnya: Tindakan untuk memperbaiki suatu masalah biasanya adalah yang paling sulit dari masalah itu sendiri. Sering sekali dalam kehidupan sehari – hari ketika kita berbuat kesalahn sepele misalnya seperti salah bicara, yang mana dapat menimbulkan rasa tersinggung terhadap seseorang. Dalam kesalahn seperti itu bisanya mediasi ketika meminta maaf itu lebih sulit, lebih memakan waktu yang lama dibandingkan dengan masalah yang terjadi. Maka dari itu sebaiknya jagalah sikap dan perkataan anda dimana pun anda berada.

3. 継続は力なり
Keizoku wa chikara nari.
To continue is power/ meneruskan adalah sebuah kekuatan.

Maksudnya: Sebuah kekuatan akan kita dapatkan ketika kita meneruskan usaha dan perjuangan kita. Sekeras apapun ujian yang kita hadapai dalam kehidupan ini selama kita terus melanjutkan perjalanan dan tidak pernah menyerah, maka itulah yang dikataka kekuatan sebenarnya.

4. きはの
haya-oki wa sanmon no toku
The eraly birds gets the worm/ burung yang cepat yang akan mendapatkan cacing.

Maksunya: dalam kalimat di atas dikatakan bahwa burung yang cepat bangun yang lebih dulu mendapatkan cacing. Ini sama seperti peribahasa Indonesia yang mengatakan orang yang telat bangun pagi rezekinya akan di patok ayam. Dalam kata mutiara bahasa Jepang ini mengambarakan ekspresi bahwa seseorang yang cekatan dan rajin akan mengalahkan orang – oarng yang malas. Dari kalimat ini dapat kita lihat kepribadian orang Jepang yang tidak suka buang – buang waktu. Orang Jepang sangat marah jika dirinya disamakan dengan kura – kura dan senang jika di katakan lucu seperti anjing. Karena bagi mereka kura – kura lebih tidak bermanfaat dari anjing, kura – kura lamban sedangkan anjing memiliki sifat yang setia.

5..のりAto no matsuri
The festival after matsuri/ festival setelah perayaan

Maksudnya : kalimat ini memberi ekspresi “Terlambat” pada sesuatu bahakan ketika anda menyesalinya. Segala hal yang sudah terjadi tidak dapat di ulang kembali.

6. 私たちは同じ空を見て。
Watachi wa onaji sora wo mite.
We are looking at the same sky/ kita semua melihat pada langit yang sama.

Maksudnya: Semua dari kita adalah makhluk yang sama. Kita diciptakan dengan cara yang sama dan sama – sama akan punah nantinya. Janganlah kita merasa sombong dengan harta dunia yang kita punya, karna semuanya hanya bersifat sementara.

7. も
Baka mo ichi gei.
Even a fool has one talent/ bahakan orang bodohpun punya kemapuannya sendiri.

Maksudnya: tidak ada orang tidak berguna di dunia ini. Setiap manusia terlahir dengan kekurangan dan kelebiahannya masing – masing. Tidak ada si paling pandai dan si paling bodoh. Semua orang memiliki keahlia khususnya amsing – masing. Maka dari itu ada baiknya jika kita saling mengharga diri kita satu – sama lain dengan cara yang sama, dan terlebih kita harus mencintai diri kita sendiri dengan apapun kemapun yang kita punya.

8. びき
Nana korobi ya oki.
Seven falls, eight getting up/ jatuh tujuh kali bangun delapan kali.

Maksudnya: Bangsa Jepang dikenal sebagai bangsa yang pantang menyerah pada sesuatu yang di inginkannya. Jika merkeka memiliki sebuah cita – cita, apapun itu mereka akan berusaha sekeras tenaga untuk mengujudka mimpi itu menjadi kenyataan. Maka kalimat mutiara ini terlahir atas pribadi orang Jepang yang begitu kerja keras, tidak peduli berapa puluh kali mereka mengalami kegagalan, mereka akna bangki dan terus melanjutkan mimpi. Tidak heran jika Jepang menajdi negara yang paling berpengaruh di dunia, khusunya dalam bidang teknologinya.

9.と
Jyu nin to iro
Ten people, ten colours/ sepuluh orang, sepuluh warna.

Maksudnya: Setiap orang terlahir DNA yang berbeda, sidik jari yang berbeda, dan pola pikir yang berbeda. Sebagai makhluk hidup yang sempurna karena Tuhan mewarisi kita pikiran untuk berfikir maka kita seharusnya menjadi manusia yang mapu menerima semua perbedaan. Penerima perbedaan pikiran dan pendapat dan tidak egois. Sebagai manusia kita seharusnya mampu meredam ke egoisan pribadi untuk kepentingan bersama.

10.してさず
Atama gakushite shirigakusazu.
Hide your heat but failed to hide your butt/ menyembuunyikan kepala namun gagal menyembunyikan bokong.

Maksudnya: Kita beranggapan kita sudah menutupi segala kesalahan kita dengan baik, pada kenyataan kita tidka menutupinya dengan sempurna sehingga orang lain mengetahuinya namun kita pura – pura tidak tahu.

Segala tentang Jepang memang selalu menjadi pencarian paling banyak akhir-akhir ini. Terlebih tentang kebudayaannya yang berhasil memukau banyak orang asing. Begitu juga dengan budaya berbahasa mereka yang terdengar unik dan indah. Selain dalam buku pelajaran bahsa Jepang, kata – kata mutiara dapat kita dapatkan dari anime – anime Jepang. Tidak ada salahnya untuk belajar dan memahami bahasa dan kebuyaan bangsa lain, selama itu membawa pengaruh baik untuk kehidupan kita kenapa tidak?

Selamat dan semangat belajar bahasa Jepang.
Advertisement