Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Huruf Romaji Lengkap; Cara Baca, Cara Penulisan dan Penggunaannya

DAFTAR HURUF ROMAJI LENGKAP - Selain ketiga jenis bahasa Jepang yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya; Hiragana, Katakan, dan Kanji ada juga Romaji. Romaji merupakan kata bahasa Jepang yang dilatinkan. Romaji atau romanization berasal dari kata Roma yang berarti “latin” dan Ji yang berarti “Kata atau karakter” dalam “Kanji”. Penulisan romaji sendiri ditulis dengan Alphabet yang sama dengan alphabet yang kita gunakan di indonesia. Bagi pemula biasanya akan dimudahkan dengan hadirnya huruf romaji.



Namun, menggunakan romai juga harus melihat beberapa aturan mainnya, beberapa diantaranya adalah:
  1. Penulisan huruf bunyi C dalam bahasa Indonesia akan ditulis dengan “Ch”, dan Sy akan ditulis dengan “Sh”.
  2. Bunyi panjang dibahasa Jepang dapat ditulis dengan 3 cara :
  • Menggandakan huruf vokal. Misalnya pada kata おかさん huruf menunjukkan cara membaca か akan panjang. Jadi ketika di Romajikan おかあさん( Okaasan).
  • Menambahkan penghubung atau Strip. Masih pada kata yang sama yaitu おかさん akan di tulis menjadi “Oka—san “ garis strip tersebut menandakan suatau bagian dalam kata tersebut akan diucapkan dalam bunyi panjang.
  • Menambahkan garis di atas huruf vokal. Dalam kata おかさん akan diromajikan “Okaāsan”

  1. Pada romaji juga tidak mengenal spasi seperti bahasa Jawa. Contohnya seperti 今わたしはしています。 maka akan ditulis dalam Romaji “Imawatashihabenkyoushitteimasu”. Namun agar para pemula tidak kebingungan, maka banyak penulis romaji yang memberi spasi pada sebuah kalimat “Ima watashi ha benkyoushitteimasu”.
Agar lebih Jelas mari kita berlatih dalam kosa kata dan kemudian merubahnya menjadi romaji:
  1. Kata kerja
Kosa kataRomajiArti
べんきょうしますBenkyoushimasuBelajar
よみますYomimasuMembaca
のみますNomimasuMinum
みますMimasuMelihat
かいますKaimasuMembeli
ききますKikimasuMendengar
かきますKakimasuMenulis
はなしますHanashimasuBerbicara
あそびますAsobimasuBermain

  1. Kata sifat
Kosa kataRomajiArti
きれいKireiCantik
じょうずなJyouzunaPintar
あかいAkaiMerah
あおいAoiBiru
あついAtsuiPanas
たかいTakaiMahal/ tinggi
あたらしいAtarashiBaru
いそがしいIsogashiTerburu – buru

  1. Kata Benda
Kosa kataRomajiArti
かばんKabanTas
でんきDenkiListrik/ lampu
じしょうJisyouKamus
ざっしZasshiMajalah
ノートーNo—to—Buku catatan
えんぴつEnpitsuPensil
ボールペンBo—rupenPulpen
けしゴムKeshigomuKaret penghapus
かぎKagiKunci
かさKasaPayung
カメラKameraKamera
コンピューターKonpyu—ta—Komputer
じどうしゃJidousyaKamus
つくえTsukueMeja
いすIsuKursi

Dalam kumpulan kosa kata di atas dapat dilihat perubahan kosa kata dalam bentuk romaji. Dapat ditemukannya juga beberapa penulisan romaji yang di baca panjang. Contohnya ; ノートー diromajikan menjadi No—to—. Dalam kata Noto terdiri daro dua huruf “No’ dan “To” dan keduanya dibaca panjang. Kemudian pada kata べんきょうします juga terdapat kata yang dibaca panjang, yaitu pada kata きょう(kyou) pada huruf O akan dibaca panjang maka harus diletakkan huruf  U setelahnya sebagai penanda bacaan panjang.

Berikut beberapa penjelasan dan conttoh dari romaji. Romaji memang digunakan sebagai cara mempermudah orang asing dalam mempelajari bahasa Jepang. Namun, jangan sampai terbiasa dan jadi malas membaca tulisan Jepang asli ya. Karena jika kamu membiasakan diri dalam romaji, maka kamu akan asing dengan hiragana, kata kana dan bahkan kanji. Jika sudah menghafal hiragana sebiaknya kamu terus lanjut pada katakana dan kanji. Selamat belajar~
Advertisement