Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ucapan Selamat Atas Kelahiran Bayi dalam Bahasa Jepang dan Artinya

Ucapan Selamat Atas Kelahiran Bayi - Kelahiran merupakan suatu momen bahagia baik bagi pasangan yang baru membangun sebuah keluarga atau bahkan yang sudah lebih dulu mempunyai keluarga kecil. Kelahiran merupakan hal yang sangat ditunggu – tunggu oleh setiap pasangan di dunia. Jepang Anak merupakan titipan Tuhan yang paling berharga, memiliki seorang anak akan membuat derajat anda semakin naik satu level karena sudah berhasil menjadi sosok orang tua.

Meski angka kelahiran di Jepang terus menipis dari hari ke – hari, namun kelahiran tetap lah suatu yang sangat di tunggu – tunggu oleh seluruh pihak keluarga. Perihal kelahiran yang semakin menipis merupakan masalah terbesar yang harus dihadapi Jepang saat ini. bahakan ada yang memperkirakan bahwa populasi Jepang akan punah lebih cepat dari bangsa lainnya. Hal ini menyebabkan pemerintah Jepang menciptakan sebuah kebijakan dimana setiap kelahiran anak akan di biaya kehidupannya sepenuhnya oleh pemerintah. Semakin banyak anak yang anda miliki maka semakin banyak biaya pemerintah yang mengalir kepada anda.

Sama halnya seperti di Indonesia, setiap keluarga yang di anugrahi kelairan pasti akan dibanjiri ucapan selamat. Jika anda memiliki kerabat yang berkebangsaan Jepang tidak ada salahnya jika anda memberikanya sebuah ucapan selamat dalma bahasa ibu mereka. misalnya seperti ini しいの/ののをいてもとてもうれしいですcara bacanya akan menjadi seperi ini Atarashii otoko no ko/ onna no ko no tanjou wo kiite watashi mo totemo ureshii desu. Yang berarti We were delighted to hear of the birth of your new baby boy/girl. Congratulations atau dalam bahasa indonesia berarti kami sangat bahagia mendengar berita kelahiran bayi kalian.


Anak yang baru lahir juga sering diibaratkan dengan sebuah arrival. Sesuatu yang baru saja sampai seelah menempuh waktu yang begitu lama. Anda juga dapat mengucapkan selamat pada kelahiran bayi dalam bahsa Jepang seperrti berikut ini:


赤ちゃんのご誕生おめでとうございます
Akachan no gotanjou omedetou goaimasu
Congratulations on your new arrival/ selamat atas kelahiran anak anda.

元気な男の子/美しい女の子のご誕生おめでとうございます。
Sutekina otoko no ko/ utsukushii onna no ko no go tanjou omedetou gozaimasu.
Congratulations on the arrival of your new beautiful baby boy/girl/ selamat atas kelahira bayi laki – laki yang tampan/ bayi perempuan yang cantik.

おめでとう、・・・・。いいになってください。
Omedetou (masukkan nama pasangan yang dikarunia bayi, di jepang biasanya akan disebutkan nama suami yang merupakan kepala keluarga, misalnya Sahito family) fuufu. Iiryoushinni nattekudasai.

To the very proud parents of… . Congratulations on your new arrival. I'm sure you will make wonderful parents/ selamat bagi pasangan (nama psangan yag dikarunia momongan) . kalian pasti akan menjadi orang tua yang luar biasa.

2のおめでとう
Ni ninme no syutsusan omedetou.
Congratulation on giving birth to your second child/ selamat atas kelahiran anak keduanya

さくていお()においしげます
Chisaikute kawaii ohimesama (oujisama) ni oiwai morashiagemasu.
Congratulation on your cute little princess (prince) / selamat atas kelahiran tuan putri (pengeran) kecil yang cantik.

赤ちゃんおめでとう
Akachan omedetou.
Best wishes for your new baby / segala harapan baik untuk bayi anda.

しいをったちゃんになりますように
Yasashiii kokoro wo motta akachan ni narimasuyouni.
Hope your baby will be filled with kindness in his(her) heart/ smeoga bayimu baik budi dan akhlaknya.

あなたのしいに
Anata no atarashii kazoku ni kanpai.
Cheers to your new family/ cheers! Untuk kelahiran anggota kelaurga baru anda.

いさん、はじめまして。はあなたのお母さんのおです
Kawaii tenshi-san, hajimemashite. Watashi wa anata ni oka- san ni otomodachidesu.
Nice to meet you pretty angel.. I’m a friend of your mom/ senang bertemu denganmu malaikat kecil.. aku adalah teman ibumu.

Terlepas dari beberapa ucapan selamat, hal penting lainnya dalam sebuah kelahiran di Jepang adalah segala ritual kepercayaan yang dimiliki oleh bangsa Jepang sendiri. Terdapat 10 ritual traditional yang diyakini akan memberi kehidupan yang bahagia bagi setiap bayi. Ritual tersebut adalah :
  1. Obiiwai: yaitu mengikat baian bawah perut wanita yang mengandung dengan ikatan pinggang pada baju kimono. Biasanya orang – orang akan melakukan ritual ini dan pergi ke kuil untuk berdoa atas kesehatan si bayi.
  2. Oshichiya: yaitu tujuh hari setelah kelahiran si bayi, pada ritual ini orang tua untuk pertama kali akan mengumumkan nama sang bayi dengan cara menuliskannya pada kertas dengan tulisan Kanji dan menempelnya di dinding. Biasanya pada upacara ini akan ada makan bersama keluarga besar.
  3. Omiyamairi: yaitu pertama kali mengunjungi kuil. Setelah sau bulan kelahiran bayi ke dunia, si bayi untuk pertama kalinya di bawa ke kuil dengan dipakaikan pakaian formal pemeberian dari nenek sebelah ibu. Nenek akan mengendong cucunya ke kuil dengan maksud mengenalkannya pada Dewa dan berdoa untuk kesehatan si bayi.
  4. Okuizome: yaitu gigitan pertama dari makanan yang akan di makan sang bayi setelah 100 atau 120 hari kelahirannya. Ini merupakan kebudayaan Jepang yang paling tradisional.
  5. Hatsu – Zekku: yaitu perayaan hinamatsuri, untuk bayi perempuan tanggal satu maret petama dari kehidupannya merupakan perayaan pertama hinamatsuri yang akan di dapatkannya. Hinamatsuri merupakan bonek keluarga yang akan di susun di rumah oleh kedua orang tua dengan berbagai warna – warana indah khas anak perempuan. 
  6. Hatsu – Zekku: tidak hanya anak perempuan anak laki – laki juga memiliki perayaan hinamatsuri. Tanggal satu bulan mei pertama yang didapatkan si bayi laki – laki merupakan perayaan hinamstrusi bagi nya. Ritulanya akan sama saja seperti anak perempuan, orang tua akan mendekorasi rumah dengan boneka armor dan samurai.
  7. Ulang tahun pertama: ulang tahun pertama yang akan didapatakan setiap anak di Jepang bukan lah kue ulang tahun dan lilin, melainkan si anak akan di latik berjalan sendiri dengan membawa 1.8 kilogram mochi.
  8. Shichi – Go – San : yaitu perayaan tujuh, lima , dan tiga tahun anak perempuan mereka akan berpakaian formal kimono dan pergi ke kuil untuk berdoa bersama keluarga. begitu juga dengan anak laki – laki mereka akan memakai kimono formal seperti yang dipakai para shogun dan samurai pada era Edo.
  9. Seijinshiki: perayaan hari kedewasaan. Di Jepang ada batasan bagi seorang dikatakan telah dewasa. Mereka akan disebut sudah dewasa ketika sudah berusia 20 tahun, dengan begiu mereka sudah menjadi bagian dari masyarakat seutuhnya. Mereka akan mengikuti festival khusus bagi orang – orang yang sudah memasuki usia dewasa di pusat kota dengan mengenakan kimono dengan berbagai gaya.

Menyenagkan bukan mengetahui kebudayaan kelahiran di Jepang? Mulai dari sekarang anda bisa mengapliaksikan ucapan – ucapan selamat di atas dalam kehidupas sehari – hari anda bagi kerabat terdekat atau kerabat berkebangsaan Jepang. Selamat mencoba.
Advertisement