Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ucapan Selamat Atas Pernikahan dalam Bahasa Jepang dan Artinya

Menikah merupakan suatu peristawa sakral yang sangat istimewa dan merupakan hal yang diharapkan hanya dilakukan sekali se- umur hidup. Menikah berarti memulai kehidupan baru, membangun sebuah keluarga dan memiliki tanggung jawab yang besar. Memiliki anak dan menjadi orang tua adalah impian dari semua orang. Di Jepang pernikahan baisanya di ikuti dengan berbagai upacara. Ke-dua mempelai memakai Kimono atau pakaian pengantin umum lainnya.

Dalam sebuah pernikahan di Jepang parti akan ada kata – kata sambutan dari para kerabat. Biasanya dari para keluarga, teman – teman dekat, atau rekan kerja yang mewakili peruasahan tempat kita bekerja untuk menyampaikan selamat melalui pidato singkat. Tidak hanya itu dalam pernikahan di Jepang juga ada tamu undangan bayaran atau bahkan seseorang yang dibayar untuk menyampaikan pidato dalam sebuah upacara pernikahan. Hal tersebut sudah merupakan suatu bisnis di Jepang. Itu dikarenakan menyampaikan pidato singkat merupakan hal yang sulit, oleh karena itu orang yang mengadakan perniakahn akan sulit menemukan kerabat yang bersedia menyampaikan sepatah dua patah kata dalam upacara pernikahannya.



Untuk dapat berpidato tentlah kita membutuhkan kata – kata ucapan selamat pernikahan yang baik, oleh karna itu berikut ini beberapa ucapan selamat perniakahan yang sering diguanakan dalam sebuah upacara pernikahan di Jepang:

1.おめでとうございます
Gokekkon omedetou gozaimasu
Congratulation on your wedding/ Selamat atas pernikahanmu

2. からおいをしげます。
Kokorokara oiwaiwo moushiagemasu
I would like to say the word of celebration from my heart/ Aku ingin menyampaikan sepatah dua patah yang tulus dari hati dalam perayaan hari pernikahanmu.

Ucapan diatas biasanya akan diucapan oleh seorang penyampai pidato apda pembukaan pidatonya. Ucapan selamat untuk kedua mempelai sangatlah penting karena itu dapat membuat mereka lebih berharga dan bahagia.

3. くおせに
Suenagaku oshiawaseni
I wish you happiness forever/ aku harap kalian akan bahagia selamanya

Ucapan ini terdengar seperti doa untuk kedua mempelai setelah pernikahan selesai maka mereka akan menjalani kehidupan baru berdua. Akan menanggung beban berdua sama – sama, oleh sebab itu segala doa semoga mereka bahagia dipanjatkan.


4. はにおめでとうございます。Honjitsu wa makotoni omedetou gozaimasu
I would like to give a sincere congratulation for today/ aku ingin mengucapkan ucapan selamat yang tulus untukmu pada hari ini.

5. おめでたいにおきいただきましてにありがとうございます。
Omedetai sekini omaneki itadakimashite hontouni arigatou gozaimasu
Thank you very much for inviting to this happy ceremony/ terimakasih telah mengundangku dalam acara pernikahanmu.

Ucapan terimakasih ini sangat penting jika anda di undang da kemudian menjadi penyampai pidato. Karna dalam pernikahan orang Jepang, tamu yang boleh datang hanya tamu – tamu pilihan yang mereka undang, kursi pun hanya tersediah sejumlah tamu undangan. Bahkan jika anda tidak dapat memenuhi undangan teresbut anda harus mengkonfirmasi pada pihak kelaurga, karna kursi anda bisa digantikan dengan kerabat mereka yang lainnya

6. よりごしげます
Gokekkon kokoroyori gosyukufuku moushiagemasu
I would like to say congratulation on your wedding from my heart/ aku ingin mengucapakan selamat atas perniakahanmu dari hati terdalam.

7. よりおびしげます
Kokoroyori oyorokobi moushiagemasu
I would like express my feeling of happiness from my heart/ aku ingin menyampaikan rasa bahagaiku yang tulus dalam.

Ekpresi yang menunjukkan bahwa anda mengucapkan selamat pernikahan dari hati yang paling dalam merupakan ekspresi yang paing sopan dan sangat di senangi oleh orang Jepang. Hal dapat menunjukkan tingkat kesopanan anda sebagai yang memberi pidato.

8. もごりますようにおいしげます。
Kongomo goshien tamawarimasu youni onegai moushiagemasu
I ask you to help both of them in the future/ aku meminta pada anda semua untuk membantu mereka berdua di masa depan.

Ucapan ini biasanya akan di ucapkan di kahir pidato, berisi tentang pengharapan kerabat yang akan senantiasa menjaga mereka jika suatu saat mereka hilang arah. Karna dalam sebuah hubungan wajar jika sering terjadi salah paham, maka sebagai kerabat yang baik ada bagusnya kita tetap menasihati mereka kelak.

9. おの幸せをからおりしてります
Ofutarino shiawase wo kokorokara oinori shiteorimasu
I am praying for the happiness of two of them, from my heart/ aku berdoa untuk kedua mempelai dari hati terdalam.

Sama halnya dengan ucapan diatas, ucapan ini dia ucapkan pada akhirn pidato, atau dengan kata lain sebagai penutupan pidato.

10. おめでとう。Kekkon omedoetou. .
Happy wedding day/ selamat atas pernikahannya.
Ini ucapan paling sederhana yang dapat anda ucapkan bagi kerbata anda yang berkebangsaan Jepang dalam pernikahannya.

Pasangan muda yang bersedia menikah semakin berkurang jumlahnya di Jepang. Dak Banyak dari pasangan muda tidak ingin menikah karena tidak ingin terikat dalam sebuah komitmen yang serius. Akibatnya, Jepang kekurangan jumlah kelahiran dan jumlah populasi manula semakin bertambah. Posisi kependudukan mereka sering disebut sebagai segitiga terbalik dimana jumlah manula semakin banyak dan jumlah kelahiran semakin menipis.

Walaupun demikian tidak ada salahnya anda tetap mempelajari ucapan – ucapan selamat pernikahan dalam bahasa Jepang. Selain sebagai menambah ilmu, juga dapat menambah referensi ketika ingin mengucapakna selamat pernikahan pada teman yang di Indonesia. Tidak ada salahnya, kan? agar ucapan anda tidak terkesan monoton dan berbeda dari yang lain. Ucapan anda kelak dapat emnajdi bagian memori yang indah bagi ke- dua mempelai nantinya.
Advertisement