Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata-Kata Sapaan Dalam Bahasa Jepang Beserta Artinya

KATA – KATA SAPAAN DALAM BAHASA JEPANG - Sapaan merupakan kata pertama yang akan kita ucapakan ketika kita bertemu dengan orang – orang baru, atau bertemu dengan orang – orang ketika memulai kegiatan sehari – hari. mengawali hari dengan menyapa orang – orang di sekitar akan memberi energi positif baik bagi kamu dan juga orang – orang sekitarmu.

Jika kamu membiasakan mengucapkan sapaan pagi dirumah ketika sedang menyantap sarapan pagi bersama keluarga, hal itu akan memberi energi positif bagi anggota keluargamu, kamu juga dapat menambahi dengan beberapa kata penyemangat seperti: semoga hari ini menyenangkan, semoga kerjaannya lancar, semoga ulangan di sekolah sukses. Kata – kata penyemangat sederhana seperti itu sangatlah berguna untuk menyemanati seseorang dalam memulai aktivitas mereka.


Di Jepang kata sapaan sering diucapkan di rumah antar sesama anggota keluarga ketika dipagi hari mereka berkumpul di meja makan dan hendak memulia aktivitas masing – masing. Begitu juga di tempat kerja, masyarakat Jepang sering menggunakan kata sapaan untuk menyapa sesama karyawan atau bahkan Bos ketika bertemu di lift atau pintu masuk perusahaan. Dalam lingkungan sekolah sapaan juga sering digunakan, jika kalian sering menonton anime Jepang, coba perhatikan kebiasaan mereka ketika bertemu teman – teman di gerbang sekolah.

Oleh sebab itu, mari kita lihat beberapa kata sapaan yang sering digunakan masyarakat di kehidupan sehari – hari:

1. Ohayou Gozaimasu (おはようございます)
Merupakan salah satu sapaan dalam bahasa Jepang yang berarti selamat pagi. Sapaan ini bisanya digunakan ketika bertemu keluarga saat makan pagi, bertemu tetangga sekitar ketika keluar rumah saat hendak memulai aktivitas, ketika bertemu teman disekolah, atau bertemu dengan kolega di tempat kerja. Digunakaan dari pukul

Contoh penggunaannya dalam kalimat.

セナ:エリーさんおはようございます。
Sena: Eri – san ohayou gozaimasu.
Sena: Eri – san selamat pagi.

エリ:おはよう セナーさん~
Eri : Ohayou Sena – san~
Eri: Selamat pagi Sena.

セナ:きのう 映画は どう?
Sena: kinou eiga ha dou?
Sena: bagaiamana filmnya kemarin?

エリ:いいですね、エリさんも 見なければならない。
Eri: iidesune. Eri – san mo minakerebanaranai.
Eri: bagus lho. Eri juga harus nonton.

2. Konnichiwa (こんにちわ)

Merupakah salah satu sapaan dalam bahasa Jepang dalam kisaran waktu jam 12 siang – 6 sore. Penggunaannya sama – sama untuk sapaan hangat yang dapat kita gunakan ketika bertemu orang – orang dalam menjalani kegiatan sehari – hari. Sapaan dapat memunculkan suasana hangat dan akrab diantara sesama sehingga dapat terjalinnya hubungan yang harmonis.

Berikut apat kita lihat contoh pengunaanya dalam kalimat:

こんにちわ、エリーさんです。AND の 社員です。どうぞよろしくおねがいします。
Konnichiwa, Eri – san desu. AND no syaindesu. Douzoyoroshiku onegaishimasu.
Semalam siang, saya Eri pegawai perusahaan AND. Salam kenal dan mohon bantuannya.

3. Konbanwa 〔こんばんわ〕
Merupakan salah satu sapaan dalam bahasa Jepang yang digunakan dalam kisaran waktu pukul 7 malam – 9 malam. Di dalam bahasa Indoneisa bisa kita katakan Konbanwa sama penggunaanya seperti Selamat Sore. Sapaan ini digunakan untuk tujuan yang sama saja seperti sapaan lainya. Tidak hanya digunakan ketika bertemu secara langsung, namun dapat juga digunakan ketika bertukar pesan melalui ponsel.

Contoh pengggunaannya dalam kalimat dapat kita lihat dalam contoh berikut:

A: エリーさんこんばんわ、仕事終わりましたか?
A: Eri – san konbanwa, shigoto owarimashitaka?
A: Selamat malam Eri, pekerjaannya sudah selesai/

B: こんばんわ、はいおわりました。
B: konbanwa, hai owarimashita.
B: selamat malam, ya sudah selesai.

4.Oyasumi (おやすみ)
Oyasumi lebih tepat disebut sebagai ucapan ketika ingin mengakhiri sebuah percakapan bersama seorang teman dimalam hari. Dapat berarti “kita sudahi percakapan kita malam ini” atau “Seamat tidur, selamat beristirahat”. Biasanya diucapkan ketika hendak tidur. Dapat diucapkan kepada sesama teman, seseorang yang spesial, atau pun untuk anggota keluarga. Contoh penggunaanya dapat kita lihat dalam kalimat berikut:

じゃ、学校でまた明日。おやすみ。
Jya, gakkou de mata ashita. Oyasumi.
Ok, sampai jumpa besok di sekolah. Selamat malam, selamat beristirahat.

Apakah semua kata sapaan diatas familiar di telinga kalian? Jika kalian pecinta anime pastinya semua kata sapaan tersebut sangatlah familiar. Kata sapaan di atas juga tidak susah untuk diingat, merupakan kata – kata yang sangat cepat akan menjadi familiar di telinga. Jika kalian merupakan pembelajar bahasa Jepang, anda pasti sangatlah sering menggunakan kata – kata sapaan diatas dalam memulai bertegur sapa. Tegur sapa merupakan hal yang sangat sering dilakukan masyarakat Jepang satu sama lain.

Jika kamu seorang pembelajar bahasa Jepang secara otodidak, kamu juga tetap dapat menerapkan kegiatan menyapa ini dalam kehiduapn sehari – hari. Gunakan ketika kamu menyapa teman – teman orang Jepang yang kamu jumpai di internet juga dapat membantu kamu membiasakan diri dengan kata sapaan tersbeut.
Advertisement