Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Jepang

Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Jepang - Tidak ada cara instan dalam sebuah pembelajaran. Lagi – lagi kita harus mencintai bahasa itu terlebih dahulu, bertanya apa tujuan utama kita mempelajari bahasa tersebut, kemudian barulah kita menyusun starategi belajar yang benar dari awal. Nah, strategi tersebut merupakan cara belajar yang mudah sebenarnya.

Sama seperti belajar bahasa asing lainnya, belajar bahasa Jepang juga memiliki kesulitannya masing – masing. Indonesia sendiri menjadi negara kedua terbanyak pelajar bahasa Jepangnya, setelah bahasa Inggris bahasa Jepang merupakan bahasa kedua yang di pelajari di sekolah. Indonesia berada di peringkat ke dua setelah Cina sebagai negara yang memiliki pembelajar bahasa Jepang paling banyak.



Alasan mempelajari sebuah bahasa asing pastilah karena ingin memahami budaya, sejarah, serta karya sastranya. Begitu Juga dengan bahasa jepang, terlebih karya sastra modern seperti Manga dan Anime begitu banyak digandrungi oleh anak – anak muda zaman sekarang. Hal itu juga kemudian menjadi peningkatan pembelajar bahasa Jepang. Selain itu, karena ingin melanjutkan study ke Negeri Sakura juga menjadi alasan selanjutnya pembelajar bahasa Jepang menjadi meningkat di Indonesia.

Lalu bagaimana menjadi pembelajar yang cepat mengusai bahasa matahari terbit ini?


1. Berlatih dari awal
Dasar merupakan bagian paling penting dalam pembelajaran sebuah bahasa. Dalam bahasa Jepang, apa bagian yang paling dasar yang harus kita kuasai terlebih dahulu? yaitu adalah huruf – huruf yang digunakan penutur Jepang seperti Hiragana dan Kana. Dua jenis huruf itu merupakan huruf dasar yang sudah seharusnya kita kuasai sebelum lanjut kelangkah selanjutnya. Jangan khawatir, ini tidak akan memakan waktu lama jika kamu serius dan bertekat bulat dalam mempelajari bahasa Jepang. Hanya membutuhkan waktu seminggu untuk menghafal kedua kategori huruf ini.


2. Komitmen
Tidak ada yang lebih penting dari pada komitmen dalam suatu hal atau pekerjaan . Ketika sudah berkomitmen maka kamu akan menjaga komitmen itu baik-baik, komitmen disini kamu akan berkomitmen akan serius dengan ‘Belajar’ bahasa Jepangmu, misalnya kamu akan meluangkan waktu dua jam setiap harinya untuk mempelajari bahasa Jepang, maka kamu tidak boleh mengingkarinya. Sebisa mungkin kamu harus menyediakan waktu untuk melatih, mengulang, dan malanjutkan pelajaran bahasa Jepangmu ke tahap selanjutnya. Ketika kamu membiasakan diri untuk disiplin maka saat itulah titik terang akan muncul sebagai hasil dari kerja keras kamu selama ini.


3. Memanfaatkan Internet
Hal yang paling dekat dengan semua orang saat ini adalah Internet. Setiap orang sudah dapat mengakses internet dimanapun dan kapanpun. Gunakanlah kesempatan ini sebagai wadah belajar. Jika kamu di sosial media maka temukan teman – teman yang sama denganmu, temukan komunitas pelajar bahasa Jepang atau penutur bahasa Jepang yang memberikan tuorial belajar gratis. Buatlah internet yang selama ini hanya sebatas hiburan untukmu menjadi sesuatu yang menghasilakan ilmu untukmu.

4. Dari hobi
Ini yang biasanya cara paling mudah untuk diterapkan dalam pembelajar bahasa asing, bahasa apapun itu jika kamu menerapkannya berbarengan dengan hobi pasti akan terasa menyenangkan dan lebih bersemangat dalam belajar. Banyak hobi kejepangan yang sering di geluti oleh banyak orang belakangan ini. Membaca manga, salah satu karya sastra modern Jepang yang begittu menonojol. Membaca manga dengan versi aslinya, yaitu bahasa Jepang, sangat membantu kamu terbiasa dengan huruf dan tulisannya. Dan juga dapat melatih kosa kata kamu setiap harinya.

Jika kamu menonoton Anime, maka kamu bisa menggunakan kegiatan ini sebagai latihan pendengar terhadap kata – kata dalam percakapannya. Coba tangkap kalimat yang dikatakan dalam sebuah percakapan, tulis kalimat tersebut di dalam buku catatanmu sebagai file yang dapat di review kembali. Lakukanlah berulang kali kegiatan ini sebagai bentuk latihan Choukai (listening exercise).

Tidak hanya itu, bagi kamu yang suka bermain game buatan Jepang otomatis banyak bahasa Jepang yang keluar dan muncul pada screen. Kamu menjadikan kegiatan gaming sebagai salah satu wadah belajar. Banyak para gamers yang menguasai bahasa Jepang karena terlalu sering bermain game produksi Jepang, jika seperti ini kegitan gaming akan terlihat berguna, bukan?


5. Chanel Jepang
Saat ini banyak Chanel Jepang yang sudah dapat di akses oleh setiap orang di seluruh dunia. Dan chanel ini pula sering memberikan pembelajaran bahasa serta budaya Jepang. Seperti NHK atau Waku Waku Japan. Kalian bisa menggunakan chanel tersebut sebagai pembelajaran bahasa budaya, serta menambah pengetahuan tentang apa yang sedang menjadi Trend di Jepang.


Tunggu apalagi, sekarang giliran kamu menjadi salah satu pembelajar cerdas yang menemukan banyak wadah untuk belajar. Bayangkan saja jika kamu berkesempatan untuk pergi ke Jepang, menimba ilmu langsung dari negeri sakura, hal itu akan menjadi kesempatan yang begitu berharga, bukan? Percaya dan terus berdoa, karna tidak ada yang tidak mungkin selama ada campur tangan Tuhan didalamnya.
Advertisement