Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Makanan Halal dan Haram di Jepang

MAKANAN HALAL DAN HARAM DI JEPANG - Tantangan bagi para Muslim ketika berjalan-jalan ke Negara yan tidak mayoritas Islam adalah makanan. Makanan merupakan hal yang paling kursial yang tidak dapat kita lewatankan begitu saja dalam agenda liburan ke luar Negri. Salah satunya Jepang, negara yang bahakan dikenal tidak begitu familiar dengan Islam membuat para Muslim sering ragu untuk mengambil destinasi ke Negri Sakura ini.

Namun seiring bertambahnya waktu, seiring berkembangnya zaman. Begitu banyak penduduk asing Muslim yang sekarang bermukim di Jepang. Banyak dari mereka hijrah karena pekerjaan. Setelah menetap mereka kemudian membuat perkmpulan Muslim, perkumpulan ini yang kemudian muali mengembangkan kehidupan Islam disana. Sudah banyak toserba yang berlabel halal, juga restauran halal yang biasanya merupakan resotoran turki.

Saat ini banyak negara-negara non Muslim yang mulai melakukan gebrakan baru dengan mengusungkan makanan halal untuk membujuk turis Muslim untuk mengunjungi negara mereka. Jepang termasuk salah satu negara yang mulai memperhitungkan turis Muslim.

 
Salah satu cara memilih makanan halal dan haram di Jepang yaitu dengan membaca ingredient atau bumbu yang terkandung dalam makanan tersebutt, sesuai dengan fatwa perhimpunan Muslim di Jepang, makanan yang termasuk kategori haram adalah makanna yang terkandung bahan-bahan berikut ini pada komposisinya;

ショーテニング = Shortening
動物ショーテニング = shortening hewan
ビーフエキス = ekstrak sapi
鳥イキス/ チキンエキス = ekstrak ayam
豚= Babi
肉エキス= ekstrak daging
ビーフコンソメ = kaldu sapi
コンソメパウダー= serbuk kaldu
コンソメ = kaldu
洋酒 = Arak
酒 = Sake
アルコール= Alcohol
ブランヂ = Brendi
ラム = Rum
みりん= sake merah
マーガリンMargarin
ワイン= wain (minuman Anggur)
ゼラチン(ゲリ) = Gelatin
油脂 = Lemak
乳化剤 = pengemulsi

Selain menghafal beberapa kanji diatas sebagai daftra komposisi makanan haram, kia juga dapat memesan makanan halal dari internet, pesan melalui terlfon, ataupun lewat sms saja. Sebenarnya sudah cukup banyak toko-toko makanan halal di yang dikelola oleh mahasiswa Indonesia atau perhimpunan Muslim di Jepang, jadi jika kita ingin melihat dan memilih langsung makanan yang kita inginkan di tokonya, kita juga dapat mengunjungi tokonya lansung.

Bahkan pada acara-acara tertentu kita dapat menikmati makanan Indonesia lansung di Jepang. Seperti pada acara bazar atau acara yang diselenggarakan kedubes Indoensia di Jepang. Selain itu jika kamu liburan ke Jepang sebagai backpacker biasanya membutuhkan makanan yang tidak menguras uang terlalu banyak, banyak para backpacker yang kemudian memilih Onigiri sebagai makanan andalan mereka untuk menganjal perut ketika lapar. Onigir merupakan nasi kepal khas jepang yang kemudina dibalut dengan rumput laut tipis, biasa haranya berkisar 100 yen, hara ini sudah merupakan yang paling murah bagi para backpacker.

Tidak hanya mahasiswa Indoensia, para pekerja magang juga banyak berdatangan ke Jepang. Setelah membuka program magang di Jepang, banyak anak-anak Indonesia yang beranni mengadu nasib di negri sakura sembari menggali ilmu bahasa Jepang mereka. Nah, jika kamu main ke Jepang kamu juga bisa menghungi anak-anak magang Indoensia di Jepang. Mereka tersebar di banyak daerah dan biasanya memiliki komunitas masing-masing. Untuk dapat menghubungi mereka, kamu cukup mencari mereka di Facebook. Mereka juga mau menjadi tourguide kamu selama di Jepang jika waktunya tidak bertabrakan dengan waktu kerja mereka.

Muslim bukan berarti tidak dapat pergi jalan-jalan ke luaar negr. Menjadi muslim bukan berarti harus ketinggalan, begitu banyak cara yang dapat kita tempuh menjadi seorang muslim di Negara non Muslim. yang terpentingg adalah terus belajar dan terus berinovasi menciptakan hal-hal baru yang dapat membantu Muslim lainnya. Sudah begitu banyak mahasiswa Muslim yang mengadu nasib hingga menempuh pendidikan di negeri orang, mereka tidak pernah takut dan selalu diberi kemudahan dalam menjalani hidup sebagai Muslim di sana. Jadi, kamu sebagai Muslim yang cerdas, jangan pernah takut untk menjelajah dunia.

Nah, sebelum berangkat jalan-jalan ke jepang ada baiknya kamu menghapal beberapa kanji penting yang berhubungan dengan makanan, juga mencari informasi tentang perhimpunan muslim di daerah yang ingin kamu kunjungi. Selamat liburan.
Advertisement