Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama - Nama Hewan dalam Bahasa Jepang dan Artinya

Nama - Nama Hewan - Bangsa Jepang mengenal beberapa binatang sebagai Dewa. Sebut saja seperti rubah, yang diyakini sebagai dewa pembawa keberuntungan yang dipercaya dapat menjaga hasil panen pertanian mereka. Setiap masa panen masyarakat Jepang meletakkan sesajen di sawah atau kebun mereka sebagai seserahan terhadap dewa rubah yang diyakini dapat menjaga sawah dan kebun mereka dari binatang hama seperti tikus atau ular.

Maneki neko, merupakan patung kucing dengan sebelah tangan yang bergerak seperti memanggil – manggil ini dipercayai sebagai pembawa kemakmuran. Di Indonesia sendiri patung tersebut dapat kita temukan di toko – toko etnis tiong hoa. Sama seperti legenda China, bangsa Jepang juga mempercayai kucing ini sebagai pembawa keberuntungan. Mereka banyak memajang patung kucing ini di rumah atau tempat usaha. Awal mula kisah Maneki neko ini berawal dari legenda Jepang yang menceritakan tentang seorang tuan tanah kaya raya yang pada suatu hari terjebak hujan dan berlindung di bawah sebuah pohon dekat dengan sebuah kuil bernama Gotoku-ji.

Tiba – tiba kucing pendeta miskin yang tinggal di dekat kuil seperti memanggilnya untuk masuk dengan sebelah kaki yang bergerak – gerak seperti memanggil seseorang. Tuan tanah pun mengikuti si kucing, dan tidak lama seelah tuan tanah beranjak dari bawah pohon, petir menyambar pohon tersebut. Tuan tanah selamat, semenjak saat itu tuan tanah dan kucing tersebut menjadi sahabat dekat, tuan tanah juga sering memberi sumbangan kepada kuil. Mereka bertema sampai kucing mati dan dirinya dikenang dalam sebuah patung kucing yang pertama kali terbuat dari kayu, namun sekarang patung kucing tersebut terbuat dari porselin.


Tidak hanya itu, masih banyak binatang – binatang lain yang memiliki makna dan legenda di Jepang. Namun kali ini kita akan melihat beberapa nama binatang dalam bahasa Jepang. Nama – nama biantang sendiria terdapat banyak macam; ada nama binatang yang memiliki kanji, tidak memiliki kanji, atau bahkan harus ditulis dengan Katakana karna diambil dari kata serapan bahasa asing. Seperti contohnya Singa yang didalam bahasa Jepang disebut Raion yang diambil dari kata serapan bahasa inggris Lion. Berikut beberapa nama binatang dalam bahasa Jepang:

Nama binatangKanjiHiraganaRomaji
TikusねずみNezumi
Kucing ねこNeko
Anjing いぬInu
AyamにわとりNiwatori
Burung とりTori
Burung gerejaすずめSuzume
Merpati はとHato
Gagak 烏 / 鴉カラスKarasu
Gagak 蝙蝠こうもりKoumori
Elang わしWashi
Kelinci うせぎUsegi
Tupai 栗鼠りすRisu
Monyet さるSaru
Kuda うまUma
Domba ひつじHitsuji
Kambing 山羊やぎYagi
Rusa 鹿しかShika
Babi ぶたButa
Panda -パンダPanda
Jerapah 麒麟きりんKirin
Penguin -ペンギンPengin
NagaりゅうRyuu
Lumba – lumba -いるかIruka
Gajah ぞうZou
Rubah きつねKitsune
Lebah 蜂 Hachi
Kumbang -かぶとむしKabutomushi
Kupu – kupu 蝶々ちょうーちょうChou – chou
Nyamuk Ka
Koala -こあらKoara
Singa -らいおんRaion
Gurita たこTako
Orang utan -オランウータンOranu-tan
Berang – berang 川獺かわうそKawauso
Burung hantu -ふくろうFukurou
Beruang kutub白熊しろくまShiro kuma
Kalajengking さそりSasori
Ular へびHebi
Ikan さかなSakana
Buaya/ Alligator わにWani
Kura – kura かめKame
Kodok かえるKaeru
Udang 蝦 / 海老えびEbi
Kepiting かにKani
Hiu さめSame
Kecoa -ごきぶりGokiburi
Capung 蜻蛉とんぼTonbo
Ulat 毛虫けむしKemushi
Kadal 蜥蜴とかげTokage

Nah, sekarang sudah semakin banyak pembendaharaan kata bahasa Jepang yang anda miliki. Nama – nama binatang ini tidak hanya menambah ilmu pengetahuan anda, tapi juga anda bisa mengenalkannya pada anak atau adik - adik anda. Belajar bahasa asing sejak dini dapat membantu perkembangan intelektual anak atau adik anda.
Advertisement