Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata Ganti Orang dalam Bahasa Jepang

KATA GANTI ORANG DALAM BAHASA JEPANG - Sama seperti dalam bahasa lainnya, bahasa Jepang juga memiliki kata ganti yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Namun, berbeda dengan bahasa Inggris, bahasa Jepang memiliki banyak jenis kata ganti dengan menyesesuaikan lawan bicara. Budaya merupakan salah satu penyebab munculnya banyak kata ganti dalam bahasa Jepang. Tingkatan sosial lawan bicara sangatlah menjadi perhatian dalam percakapan bahasa Jepang. Kamu dianggap tidak sopan atau tidak menghargai lawan bicara jika kamu salah menggunakan kata ganti.


Pengguanaan kata kerap sekali kita temukan dalam anime atau manga. Jika kamu seorang yang mengikuti perkembangan anime Jepang pastilah kamu sering menonton anime dan kata ganti tidak merupakan salah satu hal yang asing di telinga. Walaupun begitu, jangan berkecil hati jika kamu seorang yang jarang mengikuti anime Jepang, kamu dapat mengetahui apa saja kata ganti dalam Bahasa Jepang melalui poin – poin di bawah ini:

Kata ganti orang pertama tunggal:


1. Watashi
Kata ganti orang pertama tunggal (Saya) untuk kalimat formal dan sopan dalam bahasa Jepang baik lisan atau pun tulisan.
2. Watakushi
Kata ganti ini hampir sama seperti Watashi, namun penggunaannya lebih sering digunakan dalam pidato atau hal – hal resmi lainnya.
3. Washi Kata ganti orang pertama yang sering digunakan oleh orang – orang paruh baya.
4. Atashi
Kata ganti orang pertama yang sering dugunakan dalam percakapan non formal/ casual conversation. Biasa digunakan oleh wanita, dan kata ganti ini juga terdengar sangat feminin.
5. BokuKata ganti orang pertama yang terdengar maskulin dan tentunya digunakna oleh laki – laki.
6. Ore Kata ganti orang pertama tunggal dalam bahasa slang Jepang. Biasanya sering digunakan oleh para remaja. Jika didalam bahsa Indonesia kedudukannya sama dengan “Gue”
7. SesshaMerupakan kata ganti yang sering digunakn oleh para samurai.
8. Ware
Kata ganti yang kedudukannya sama dengan watashi, namun penggunaannya jarang digunakan dalma kehidupan sehari – hari. Kata ganti ini dapat kita jumpai dala hal – hal tradisional.


Kata ganti orang kedua tunggal:


1. AnataKata ganti orang kedua tunggal yang berpasangan dengan Watashi. Dalam bahsa Indonesia dapat kita artikan sebagai “Anda”.
2. Anta
Kata ganti ini biasanya digunakna oleh dua orang yang sudah cukup akrab. Tidak hanya itu, orang tua juga sering menggunakan kata ganti ini.
3. Kimi
Kata ganti yang kedudukannya berdampingan dengan Boku, artinya “Kamu”. Namun kata ini sering digunakan oleh kaum laki – laki ketika mereka ingin mengatakan kamu untuk lawan bicaranya, bisanya sering digunakan untuk lawan bicara wanita.
4. Omae
Kata ganti yang berpasangan dengan Ore. Kata slang bahasa Jepang yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti “Loe”
5. KisamaKata ini digunakan untuk orang yang begitu kita benci. Kata ini hanya sering digunakan dalam scene anime atau film tidak dalam praktik kehidupan sehari – hari.
6. Temee
Merupakan kata ganti yang digunakan untuk merendahkan lawan bicara, biasanya digunakan oleh anak – anak remaja nakal/ anak brandalan.
7. Onore
Kata ganti yang digunakan untuk menunjukkan rasa mengutuk lawan bicara. Tidak digunakan dalam kehidupan sehari – hari, kamu akan sering menemuinya hanya dalam drama, anime, atau manga saja.


Kata ganti orang ketiga tunggal:
1. Kanojo
Kata ganti ini berarti “Dia” yang digunakan untuk wanita. Namun kata ini juga memiliki arti lain yaitu menunjukan pacar (prempuan)
2. Kare Merupakan kata ganti yang berpasanagn dengan Kanojo, digunakan untuk laki – laki. Sama halnya dengan Kanojo Kare juga dapat berarti pacar (laki – laki).
3. Aitsu/ ano hito
Kata ganti ini berarti “Orang Itu”.

Kata ganti orang pertama Jamak:

1. Watashitachi
Kata ganti untuk menunjukkan “Kami”, merupakan bentuk jamak dari kata watashi.
2. AtashitachiKata jamak dari Atashi.
3. Wareware
Kata Jamak dari ware
4. Oretachi
Kata jamak dari Ore.


Kata ganti orang kedua jamak (kalian):

1. Anatagata/ anatatachi
Jamak dari “Anata”
2. Kimitachi
Jamak dari kimi.
3. Omaetachi
Jamak dari omae.

Kata ganti orang ketiga (Jamak):


1. KareraBentuk jamak dari kata ganti “Kare”.
2. KanojoBentuk jamak dari kata ganti “Kanojo”.

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaiman memanggil temanmu agar terdengar lebih akrab dan santai? Lagi – lagi kamu harus membiasakan diri dalam praktik percakapan sehari – hari. ingatlah pepatah “Ala bisa karna biasa”, maka dari itu kamu harus selalu berlatih dan jangan pernah absen sehari pun. Tidak masalah jika dalam satu hari kamu hanya bisa berlatih 1 jam saja, yang terpenting kamu melakukannya secara berturut – turut.
Advertisement