Setelah itu sobat masukkan kode ini di bagian konten widget:
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ucapan Selamat Berpuasa dalam Bahasa Jepang dan Artinya

Seperti yang kita ketahui bahwa komunitas muslim di Jepang merupakan komunitas yang masih sangat minoritas. Kebanyakan orang muslim yang menetap di Jepang merupakan pendatang dan bukan penduduk asli. Walaupun saat ini penduduk asli sudah ada yang mulai memeluk agama islam. Keterbatasan pengetahuan tentang islam dikarenakan masyarakat Jepang tidak memiliki agama atau keyakinan. Minimnya pengetahuan tentang muslim membuat hidup sebagai muslim di sana sedikit sulit. Misalnya pada saat Ramadhan, ketika para muslim harus berpuasa, mereka juga tetap harus bekerja atau melakukan aktifitas lainnya seperti biasanya dan tidak ada dispensasi waktu seperti yang sering kita dapatkan di indonesia.

Musim juga menjadi salah satu kendala. Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki 4 musim. Oleh karenanya ketika Ramadhan bertepatan dengan musim panas misalnya, maka jadwal berpuasa semakin panjang dikarenakan matahari yang terbenam sangatlah lama. Saat ini Jepang sudah memiliki 5 mesjid diantaranya ; mesjid Kobe, mesjid Tokyo camii, mesjid Fukuoka, Masjid asakusa, dan Masjid yokohama.



Dalam bahasa Jepang puasa dikenal sebagai Danjiki sama seperti arti sebenarnya, Danjiki berarti puasa, tidak makan dan minum. Dalam pengetahuan orang Jepang daijnki merupakan kegiatan yang dilakukan bukan karena suatu keharusan dalam suatu gama, Danjiki bisa saja dilakukan karena untuk kepentingan kesehatan misalnya, maka dari itu tidak heran bahwa orang Jepan tidak mengenal arti “Puasa “ yang dijalankan umat Islam. Jika anda ingin mengucapkan ‘Selamat Berpuasa” anda dapat mengatakan “Danjiki Omedetou” namun itu hanya dapat anda ucapkan kepada sesama muslim atau orang indonesia yang mengerti bahasa Jepang. Karena jika anda mengucapkannya kepada orang Jepang, maka hal tersebut akan menimbulkan kesan aneh. Karena pemikiran orang Jepang untuk apa mengucapkan selamat untuk pekerjaan yang sulit seperti ‘Puasa’, kecuali anda menjelaskan terlebih dahulu arti puasa bagi umat islam kepada orang Jepang, maka mereka akn mengerti mengapa Danjikidi gabungkan dengan kata Omedetou (selamat.)

Sampai saat ini ucapan selamat berpuasa hanya dapat kita ucapkan dengan Danjiki Omedetou saja, hal itu dikarenakan kurangnya pengetahuan Islam pada orang Jepang sehingga suli menemukan uangkapan yang tepat untuk mengekspresikan asntusian orang muslim dalam menyambut bulan puasa.

Ada istilah lain dari puasa yaitu Saikai, istilah ini juga artinya puasa namun menurut keyakinan Shinto. Namun untuk puasa yang di jalankan oleh umat muslim lebih baik menggunakaan Danjikisaja. Anda juga dapat mengucapkan ラマダーンおめでとうございます (ramadan omedetou) yanga artinya selamat menjalankan ibadah bulan Ramadhan.

Berikut beberapa kosa kata yang berkenaan dengan bulan Ramdhan dan Puasa:

ラマダン (Ramadhan)
Ramadan

祈り(prayer)
inori

礼拝 (prayer)
reihai

タラウィー礼拝 (tarawih prayer )
Tarawii reihai

断食(puasa)
danjiki

夜食(sahur)
yasyouku

断食明け(buka puasa)
danjinki dake

飲食を絶 (memutuskan makan dan minum)
Tsuin syouku wo tasu

断食を免除 (keringanan tidak berpuasa)
Sareru danjinki wo menjyou sareru

喜捨 ( zakat)
Kisaha

心身( body and soul)
shinshin

神聖な月(bulan yang sakral atau suci)
Shinseinatsuki

イスラム暦 (kalender islam)
Isuramu reki

ヒジュラ暦 ( kalender hijriah)
Hijiya reki

Ucapan Selamat Bulan Puasa Ramadan 2021 dalam Bahasa Jepang dan Artinya


Shiawasena danjiki

(Selamat menunaikan ibadah puasa)

Shiawasena 2021 Ramadan wa seinaru kokoro o atae rareru kamo shiremasen

Selamat Ramadan 2021 semoga diberi hati yang suci

Danjiki omedetō, kenkōna yoake o wasurezu ni

Selamat berpuasa, jangan lupa sahur sehat agar puasa lancar

2021 Ramadan wa watashitachi o yoriyoi hito ni suru kamo shirenai

Ramadan 2021 semoga menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi

Shiawasena danjiki, issho ni hiraku koto o wasurenaide kudasai

Selamat berpuasa, jangan lupa untuk buka bersama
Meski masyarakat Jepang masih banyak yang belum mengenal Jepang, tidak ada salahnya bagi kita belajar bahasa Jepang atau menghabiskan waktu Ramadhan di sana. Selain mencari pengalaman, kita juga dapat mempelajari kebudayaan dan pola pikir mereka, sehingga suatu saat kita bisa mengenalkan islam melalui bahasa Jepang kedapan kepada masyarakat Jepang. Ilmu yang paling baik adalah ilmu yang dapat kita manfaatkan di jalan Allah dan berguna bagi banyak orang.

Ayo belajar bahasa Jepang, dan jika beruntung anda bisa mendapatkan kesempatan untuk sekolah ke Jepang melalui beasiswa pemerintah Jepang untuk indonesia yang di selenggarakan setiap tahunnya. 頑張ってね!
Advertisement